Features News, Flash News, News, Resensi

Resensi buku kehormatan di balik kerudung

kehormatan

Judul                : Kehormatan di balik kerudung

Penulis              : Ma`mun Affani

Penerbit            : Sofia Publishing House

Tahun               : September, 2011

ISBN                : 978-602-99860-0-6

Halaman           : viii + 359 halaman.

Tak lazim, bagi perempuan untuk hidup jika terus diminta lebih lembut, lebih anggun, lebih santun, terus diminta untuk menjadi seperti orang lain, semua hanya meremas hati runtuhkan harga diri. Hal inilah yang terjadi pada diri seorang syahdu Zakwa Meutia yang di ceritakan dalam novel “Kehormatan di Balik kerudung” . ia memiliki kenangan pahit ketika masa remaja ia sempat singgah di beberapa hati pemuda yang mendekatinya karena kecantikan parasnya.

Kisah berawal dari syahdu yang sudah merasa jenuh dengan kehidupannya yang selama ini, dia merasa lelaki mendekatinya karena kecantikannya, hingga akhirnya dia memutuskan untuk pergi kesebuah sudut perkampungan Pekalongan. Disitulah ia memulai hidup baru hingga hatinya tertambat pada cinta pertama seorang laki-laki yang jauh lebih suci, ifand abdulsalam. Syahdu setengah bunuh diri, ia terusir dalam gunjingan kerumunan orang-orang di perkampungan, ia terpasung menyadari kehinaan diri, terlebih orang-orang menganggap Syahdu merupakan perempuan yang tidak pantas jika di Sandingkan dengan Ifand.

Problema kehidupan mereka sangat apik di ceritakan penulis, ketika syahdu dihadapkan pada dua pilihan lelaki yang akan mendampingi hidupnya. Antara Nazmi dan Ifand, siapa yang akan di pilih?  Mereka merupakan dua lelaki yang memiliki perasaan yang sama terhadap Syahdu, dari satu sisi ia sangat menginginkan ifand menjadi lelaki terakhir untuk tambatan hati dan bisa mendampingi hidupnya. Namun realita yang terjadi tidak sesuai pengharapannya, Nazmi memang lelaki di masa lalunya sebelum syahdu bertemu dengan ifand, tapi karena ia terlanjur berjanji menikah dengan Nazmi karena terikat janji karena sebuah jasa yang sangat bermakna bagi kehidupan keluarganya.

Alur romantisme, realigi pun mulai muncul serta kehidupan Poligami pun ikut melengkapi, ketika Ifand hidup satu rumah dengan sofiya istri pertamanya. Sofiya seorang gadis berdarah hikmah sebening embun di ujung daun yang memiliki hati yang sangat mulia, ia menyuruh suaminya untuk menikahi syahdu sebagai istri keduanya ifand. Pada kondisi inilah Syahdu merasa seakan dirinya seolah perempuan tak punya kehormatan, ia bagaikan seekor lalat dalam cengkraman bidadari, kecantikan tak lagi berharga keindahannya tak lagi berguna. Lewat cerita ini kita menyadari kecantikan seorang wanita tak lagi ditimbang dari pesona parasnya. Melainkan dari budi pekerti yang bijak.

Novel ini menyadarkan kita bahwa tidak mudah mendapatkan cinta jika lingkungan tidak menghendakinya, tetapi tetap dan harus di perjuangkan. Semakin menarik karena sebagai laki-laki, penulis mencoba membidik fenomena cinta dari sudut perempuan. Ma`mun Al Affany sebagai penulis alur cerita, ia berhasil memilih kata-kata yang santun dan mampu membuat emosi pembaca bermain. Marah, kesal berbaur kasihan sekaligus geregetan dan bertanya-tanya ketika membaca novel ini.

Dengan kecerdikannya memilih kata-kata, novel ini berhasil membawa pembaca masuk kedalam suka, duka dan cinta. Tak hanya gejolak emosi remaja tetapi juga kedewasaan dan kematangan. Layak dibaca oleh mereka yang mendamba hidup penuh cinta dan perjuangan

Tentunya kita masih ingat dengan novel pertama dan kedua ma`mun, novel ketiga ini juga tidak kalah menariknya walau novel perdana tetapi begitu fenomenal terbukti dengan apresiasi tinggi dari pembaca.  Novel kehormatan di Balik kerudung memiliki nilai plus tersendiri bahkan cenderung lebih indah untuk dinikmati, sangat cocok bagi anda yang melankolis dan suka romantika cinta. Jika anda salah satu bagian dari orang yang ingin mengetahui alur kisah ini, segera temukan buku karangan Ma`mun Affany di Rental Eclipse, di Jalan Darma No 27 Kp.laksana, banda Aceh. [samsi]

Comments

  1. … [Trackback]

    [...] Read More Infos here: bungong.com/2013/03/05/resensi-buku-kehormatan-di-balik-kerudung/ [...]

  2. … [Trackback]

    [...] Informations on that Topic: bungong.com/2013/03/05/resensi-buku-kehormatan-di-balik-kerudung/ [...]

  3. … [Trackback]

    [...] Informations on that Topic: bungong.com/2013/03/05/resensi-buku-kehormatan-di-balik-kerudung/ [...]

  4. New Milford says:

    … [Trackback]

    [...] There you will find 98205 more Infos: bungong.com/2013/03/05/resensi-buku-kehormatan-di-balik-kerudung/ [...]

  5. Woman of Alien

    Excellent work you have completed, this page is absolutely great with wonderful information and facts. Time is God’s way of trying to keep all the things from happening without delay.