Budaya, Flash News, News, Politik, Recent News

Moratorium izin tebang hutan diperpanjang

Jakarta – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memastikan bahwa moratorium izin tebang hutan akan diperpanjang. “Mei nanti, moratorium ini berakhir. Saya […]
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (kedua dari kiri) dan Menteri Perindustrian MS Hidayat (Kedua dari kanan) meninjau "Pameran International Furniture and Craft Fair Indonesia (Iffina) 2013" pada pembukaan pameran tersebut di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (11/3). TEMPO/Aditia Noviansyah

Jakarta – Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan memastikan bahwa moratorium izin tebang hutan akan diperpanjang. “Mei nanti, moratorium ini berakhir. Saya setuju untuk tetap dilanjutkan,” kata Zulkifli pada pembukaan pameran Indogreen Forestry Expo 2013, di Jakarta Convention Center, Kamis, 4 April 2013.

Namun, perpanjangan moratorium ini masih harus menunggu perubahan Instruksi Presiden. Sebab, moratorium tercantum dalam Instruksi Presiden Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penundaan Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Alam Primer dan Lahan Gambut. Moratorium izin tebang hutan ini akan segera berakhir pada 20 Mei 2013.

Zulkifli mengklaim, dengan adanya moratorium ini, kawasan konservasi hutan bisa terjaga dan mengurangi laju deforestasi. Bahkan, ia juga menegaskan, moratorium tidak terbukti dapat memperlambat laju perekonomian akibat terhentinya sektor usaha kehutanan.

“Dulu, pelaku usaha protes ada moratorium ini, tapi terbukti ekonomi kita tetap tumbuh di atas 6 persen, menjadi nomor dua yang tertinggi di dunia,” katanya.

Ia menjelaskan, moratorium izin tebang hutan bukan untuk menghambat investasi sektor kehutanan, melainkan untuk menata kawasan hutan. Ia menambahkan, dengan adanya moratorium ini, hutan tidak lagi bisa dieksploitasi. Investasi sektor kehutanan bisa dilakukan di lahan-lahan hutan yang kritis.

“Moratorium ini bukan berarti orang tidak boleh berusaha di Indonesia. Tapi yang tidak boleh itu merusak hutan alam primer dan lahan gambut,” ujarnya.

Namun Zulkifli belum mau menyebutkan berapa lama perpanjangan moratorium ini nantinya. Ia hanya memastikan moratorium perlu diperpanjang untuk melestarikan kawasan hutan dari ancaman deforestasi dan kerusakan hutan.

“Sumber daya hutan adalah sumber kehidupan kita. Kalau hutannya bagus, lingkungan tetap terjaga baik, ekonomi tumbuh, dan usaha bisa maju,” katanya.

Zulkifli juga mengklaim, akibat moratorium, laju deforestasi dan degradasi hutan di Indonesia saat ini telah menurun sangat signifikan. Dari 3,5 juta hektare rata-rata per tahun dari tahun 1996 sampai 2003, saat ini menjadi 450 ribu hektare saja. “Ini artinya, deforestasi tinggal 15 persennya,” kata dia. [tempo.co]